Jurus Ampuh Menangkal Obesitas

Jurus Ampuh Menangkal Obesitas

Diet
Gizi Seimbang

Hasil Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) 2018 menunjukkan bahwa tingkat obesitas pada orang dewasa di Indonesia meningkat menjadi 21,8 % dibandingkan dengan hasil Riskesdas 2013 yang mencapai 14,8 %.

Perlu diingat bahwa Obesitas dan Overweight mempunyai pengertian yang berbeda.  Obesitas adalah suatu kondisi kelebihan berat tubuh akibat tertimbunnya lemak, untuk pria dan wanita masing- masing melebihi 20% dan 25% dari berat tubuh dan dapat membahayakan kesehatan. Sementara overweight (kelebihan berat badan) adalah keadaan dimana berat badan seseorang melebihi berat badan normal.

Berdasarkan pemaparan di atas maka diperoleh kesimpulan bahwa obesitas merupakan ketidakseimbangan jumlah makanan yang masuk dibanding dengan pengeluaran energi oleh tubuh sebagai akibat dari konsumsi makanan yang jauh melebihi kebutuhannya. Dan hal tersebut (Obesitas) merupakan faktor pemicu timbulnya penyakit diabetes, penyakit jantung koroner, stroke dan kanker. Dan masalah Obesitas ini banyak ditakutkan oleh masyarakat secara umum khususnya perempuan.

Sebenarnya hal apa yang membuat anda dapat mengalami kelebihan berat badan yang tidak normal ?

Banyak hal yang membuat tubuh anda mengalami berat badan berlebih, penyebabnya bisa dari faktor internal dan eksternal. Faktor Internalnya terdiri dari faktor genetik dan kelainan endokrin. Sedangkan faktor eksternal saat ini merupakan pencetus terbesar obesitas yang terdiri dari :

  • Gaya hidup atau Tingkah Laku :

Kemajuan tehnologi seperti adanya kendaraan bermotor, lift, dan lain sebagainya dapat memicu terjadinya obesitas karena kurangnya aktifitas fisik yang dilakukan oleh sesorang. Mengonsumsi makanan junk food juga dapat menyebabkan obesitas karena pada umumnya berkalori tinggi.

  • Lingkungan :

Pengaruh keluarga, misalnya penggunaan makanan sebagai hadiah, tidak boleh makan makanan pencuci mulut sebelum semua makanan dipiring habis, hal inilah yang membantu pengembangan kebiasaan makan seseorang.

  • Psikologi :

Obesitas juga dapat disebabkan oleh faktor emosi. Orang mungkin makan berlebihan ketika depresi, merasa putus asa, marah, bosan, dan berbagai sebab lain yang sebenarnya tidak butuh makan.

  • Fisiologi :

Faktor usia juga sering mempengaruhi terjadinya obesitas, hal ini bisa disebabkan energi yang dikeluarkan menurun dengan bertambahnya usia.

  • Faktor sosial dan ekonomi :

Pada masyarakat menengah ke bawah, obesitas sangat identik dengan makmur. Namun pada masyarakat modern, obesitas adalah hal yang harus dihindari.  

Semua hal tersebut yang dapat membuat tubuh anda mengalami kelebihan berat badan. Kelebihan berat badan dapat dicegah dan diatasi dengan “Diet” atau mengatur pola makan yang dikonsumsi sesuai dengan porsi yang dibutuhkan oleh tubuh dan tidak berlebihan. Apakah diet menjadi jalan utama untuk mengurangi kelebihan berat badan ?

Ternyata diet merupakan jalan utama untuk mengatasi kelebihan berat badan yang berlebih, ada banyak cara untuk mengatasi kelebihan berat badan pada tubuh kita. Masing – masing orang mempunyai cara tersendiri untuk mengatasi masalahnya. Tetapi sejauh ini cara yang sering dilakukan untuk mengatasi kelebihan berat badan (obesitas) dengan cara mengatur pola makan atau “Diet”.

Hal Pertama yang harus dilakukan untuk memulai merubah pola makan adalah merubah pemikiran (mind set) kita dalam memenuhi kebutuhan makanan yang cukup untuk tubuh kita, tidak secara berlebihan dalam mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Selain itu Diet harus diimbangi dengan cara melakukan “Aktivitas Fisik” yang dimulai dari aktivitas ringan seperti jogging (berjalan kaki), membiasakan diri melakukan aktivitas dirumah seperti menyapu dan pekerjaan rumah lainnya, selain itu yang utama adalah “Olahraga”. Olahraga adalah kunci utama dalam menjaga tubuh kita agar tetap fit sepanjang hari, tapi hal ini sangat sulit sekali dilakukan secara rutin oleh masyarakat saat ini. Alasan yang muncul sangatlah beragam, salah satu alasan terbanyak adalah Malas. Jadi kita sebagai masyarakat yang perduli akan tubuh kita sendiri, sebaiknya mulai sekarang haruslah kita sadar bahwa “SEHAT ITU MAHAL” dan kita harusnya selalu menjaga kesehatan agar tidak terjadi kelebihan berat badan (obesitas) yang sangat merugikan bagi tubuh kita sehingga tubuh terhindar dari penyakit degeneratif seperti diabetes mellitus, penyakit jantung koroner, stroke dan kanker serta penyakit membahayakan lainnya. Mulai sekarang “YUK HIDUP SEHAT DENGAN POLA MAKAN GIZI SEIMBANG DAN AKTIVITAS FISIK YANG CUKUP MINIMAL 30 MENIT SEHARI”.

Enyahkan Kebiasaan Makan Berlebih
Enyahkan Kebiasaan Makan Berlebih dan Tidak Sehat
The following two tabs change content below.

Titin Nur Setyawati

Latest posts by Titin Nur Setyawati (see all)

0 Komentar