Ayo Gunakan Etika Saat Batuk Dan Bersin

Ayo Gunakan Etika Saat Batuk Dan Bersin

Etika batuk diperuntukkan bagi anda yang sedang batuk maupun bersin. Perlu anda ketahui, saat anda batuk dan bersin anda dapat mengeluarkan kuman dalam jumlah ribuan hingga jutaan ke udara dan pada saat bersamaan orang yang berada di sekitar anda menghirup udara yang sudah mengandung kuman yang kita hamburkan melalui batuk maupun bersin, sehingga jika anda menderita penyakit pernafasan yang menular. misalnya TBC, menjadi rentan untuk ditularkan ke orang lain yang berada disekitar anda.

Kementerian Kesehatan dan WHO telah mengeluarkan imbauan kesehatan untuk anda yang sedang batuk yang saat ini dikenal sebagai “Etika Batuk”.

Tujuan Etika Batuk

Mencegah penyebaran suatu penyakit secara luas melalui udara bebas (Droplets) dan membuat kenyamanan pada orang di sekitarnya. Droplets tersebut dapat mengandung kuman infeksius yang berpotensi menular ke orang lain disekitarnya melalui udara pernafasan. Penularan penyakit melalui media udara pernafasan disebut dengan “air borne disease”.

Kebiasaan batuk yang salah

  1. Tidak menutup mulut saat batuk atau bersin di tempat umum.
  2. Tidak mencuci tangan setelah digunakan untuk menutup mulut atau hidung saat batuk dan bersin.
  3. Membuang ludah batuk disembarang tempat.
  4. Membuang atau meletakkan tissue yang sudah dipakai disembarang tempat.
  5. Tidak menggunakan masker saat flu atau batuk.

Etika batuk dan bersin terdiri dari:

  1. Tutup hidung dan mulut anda menggunakan tissue, saputangan atau dengan menggunakan lengan bagian dalam baju anda saat anda batuk dan bersin
  2. Segera buang tissue yang sudah dipakai kedalam tempat sampah atau dibakar
  3. Cuci tangan dengan menggunakan air bersih dan sabun atau pencuci tangan berbasis alkohol
  4. Selalu gunakan masker saat berada di tempat umum atau berinteraksi dengan orang lain.

yuk mulai sekarang gunakan etika saat batuk dan bersin, anda pasti tidak mau kan keluarga atau orang disekitar anda jatuh sakit karena kecerobohan anda yang batuk dan bersin sembarangan.

The following two tabs change content below.
0 Komentar