Cacar Air pada Anak, Apa Penyebabnya?

Cacar Air pada Anak, Apa Penyebabnya?

Cacar air pada anak sering terjadi meskipun bisa juga terjadi pada orang dewasa. Penyakit ini tidak terlalu membahayakan. namun, rasa gatal yang menyebabkan ketidaknyamanan pada penderitanya. Oleh sebab itu, para orang tua hendaknya lebih memahami lagi mengenai penyakit cacar ini agar pencegahan maupun penanganannya tepat.

Cacar air pada anak adalah penyakit yang muncul ketika anak terjangkit virus varicella. Anak dengan cacar air berarti anak tersebut tidak mempunyai kekebalan terhadap penyakit varicella.

Gejala Cacar Air pada Anak

Gejala varicella (cacar air) adalah anak akan mengalami demam kemudian timbul bercak atau ruam kemerahan yang beisi cairan dan menyebar keseluruh tubuh. Bercak ini bisa berkembang menjadi nanah bila terinfeksi oleh bakteri. “Hal ini terjadi bila anak menggaruk bercaknya dengan kuku yang panjang dan kotor. Bisa juga muncul jika orang tua memberi ramuan-ramuan ataupun dedaunan untuk pengobatannya.

Faktor risiko seseorang dapat terkena cacar air adalah bilamana ada orang yang tertular varicella di dalam rumah. Apabila lingkungan rumah kotor, ruangan pengap, serta anak tidak divaksinasi varicella, maka akan memperbesar risiko terkena cacar air.

The following two tabs change content below.

Admin

0 Komentar