Ayo Bergerak Bersama Berantas Sarang Nyamuk Demam Berdarah

Ayo Bergerak Bersama Berantas Sarang Nyamuk Demam Berdarah

Saat musim penghujan seperti saat ini sangat penting bagi masyarakat untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) demi menghindari terjadinya Demam Berdarah, Zika dan Chikungunya.

Pemberantasan sarang nyamuk (PSN) tidak cukup hanya dilakukan didalam rumah, sekolah atau pondok pesantren masing-masing. Namun, juga perlu dilakukan di lingkungan sekitar, termasuk ditempat ibadah seperti mushollah, mesjid dan tempat umum seperti pasar.

PSN bukan hanya sekedar membersihkan penampungan air didalam ruangan. Akan tetapi juga perlu memberantas semua yang dapat menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk demam berdarah. contohnya, botol atau kaleng bekas yang terbuka, tempurung kelapa dan bekas pohon bambu yang dipotong dapat terisi air saat musim hujan dan dapat menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk demam berdarah.

Baca Juga Artikel: Waspada Demam Berdarah, Cegah Dengan 3M Plus

Berbicara tentang pemberantasan sarang nyamuk (PSN), Puskesmas Ambunten sendiri mempunyai Inovasi Gerakan Bersama Lintas Sektor Ayo Berantas Sarang Nyamuk Demam Berdarah (Gelora Bersama).

Inovasi Gelora Bersama merupakan salah satu dari beberapa inovasi puskesmas ambunten, inovasi Gelora Bersama bertujuan untuk mengatisipasi terjadinya kasus dan mencegah meluasnya kasus demam berdarah diwilayah Kecamatan Ambunten.

Baca Juga Artikel: Gelora Bersama Puskesmas Ambunten

Inovasi Gelora Bersama juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemberantasan sarang nyamuk (PSN) terlebih dimusim penghujan seperti saat ini.

Puskesmas Ambunten aktif melaksanakan kegiatan inovasi termasuk inovasi Gelora Bersama, dalam pelaksanaanya petugas puskesmas termasuk kepala puskesmas ambunten bersama lintas sektor melakukan survey kedesa, melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk dengan bubuk abate, melakukan fogging dan membersihkan lingkungan sekitar dengan memungut sampah seperti botol, kaleng bekas atau tempurung serta memberi penyuluhan.

Baca di Sigap88.com: Puskesmas Ambunten Ajak Masyarakat, Berantas Nyamuk DB

Baca di E-Kabari.com: Gelora Bersama, Cara Puskesmas Ambunten Antisipasi Demam Berdarah

The following two tabs change content below.
0 Komentar